Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

TP PKK Desa Ciramahilir Kompak Tanam Sayuran, Bayam , Kangkung dan Sosin

Ciramahilir.desa.id - 24 September 2022 Dalam rangka mendukung program PKK dengan memanfaatkan lahan Desa Ciramahilir dengan bercocok tanam sayur-sayuran,PKK Desa Ciramahilir  telah melakukan bercocok tanam sayur , kangkung, Sosin dan bayam. Kepala Desa Ciramahilir mengatakan bahwa masih banyak pekarangan rumah masyarakat yang kosong, untuk itu kita beri contoh Ibu-ibu PKK untuk bercocok tanam sayuran an di Halaman Desa Ciramahilir biar nanti masyarakat ikut menanam juga di halaman rumah nyah yang kosong. Sehingga nantinya mereka memiliki kesibukan yang bermanfaat serta untuk kebutuhan sayur mayur dan kebutuhan mereka tidak perlu membeli lagi. Tujuan dari gerakan tanam ini untuk memunculkan peran serta masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga. "Dengan memanfaatkan lahan Depan Desa Ciramahilir, PKK bisa mewujudkan kemandirian pangan  karena tidak perlu lagi membeli sayur mayur karena sudah tersedia di Depan halaman Desa Ciramahilir," ungkap Ibu Lurah Ciramahilir. Pada Kesempatan itu turut hadir Kades sekdes dan para perangkat Desa Ciramahilir.

Gotong Royong Bersihkan TPU Desa Ciramahilir, Pohon-Pohon Besar Ditebang

Ciramahilir.desa.id- Pohon-Pohon besar di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Ciramahilir, ditebang menggunakan Chain-saw.  Pemerintahan Desa Ciramahilir bersama Tokoh Masyarakat serta Masyarakat bergotong royong untuk menumbangkan pohon-pohon besar yang dianggap telah mengganggu pemakaman. Pohon- Pohon besar tersebut adalah Pohon Kayu Jengjeng dan pohon mahoni , Pohon besar yang memiliki diameter lebih kurang 1 meter mengganggu Makam sehingga harus ditebang. Disampaikan oleh Rusman Cahyadi Kasi Pemerintah Desa Ciramahilir , bahwa Kegiatan rutin Jum’at bersih (23/09/2022) cukup berbeda dengan Minggu-minggu yang telah dilalui. Disampaikan oleh Rusman Cahyadi Kasi Pemerintah  Desa Ciramahilir, bahwa dirinya bersama Masyarakat Desa telah berpamitan kepada Masyarakat Desa Ciramahilir dalam proses penebangan pohon- Pohon besar dan kecil di Tempat Pemakaman Umum Desa Ciramahilir "Alhamdulillah, pada kegiatan Jum’at bersih ini berjalan dengan lancar, kegiatan ini insyaallah akan kami adakan terus kedepannya untuk kebersihan lingkungan.” Ujar Rusman Cahyadi Ditambahkan oleh Rusman Cahyadi bahwa Pohon besar yang telah berhasil ditebang akan di serah kan ke Masyarakat Desa Ciramahilir yang menanannyah.

Pemerintah Desa Ciramahilir melaksanakan kegiatan rutin rapat minggon dilaksanakan di Aula Kantor Desa Ciramahilir

Hari Ini, (22/9/2022) Pemerintah Desa Ciramahilir adakan rapat minggon untuk koordinasi dan evaluasi program kerja. Rapat minggon hari ini berlangsung pada pukul 09.00.00 WIB, dan pimpin langsung oleh Kepala Desa Ciramahilir, Kasi Pemerintah dan Kasi Kesejahteraan. Koordinasi merupakan suatu kunci kesuksesan dalam semua kegiatan, apalagi dalam sebuah instansi yang tak bisa luput dari koordinasi. Kepala Desa Ciramahilir, Nandan Sukandar S.Pd. pada sambutannya mengatakan kegiatan rapat minggon desa harus dan wajib diikuti oleh seluruh perangkat desa, baik staff, kepala dusun maupun RT RW dan Bamusdes. Pelaksanaan rapat minggon bertujuan agar koordinasi dan komunikasi antar perangkat Desa Ciramahilir dapat terjalin dengan baik Diadakannya rapat minggon ini untuk memberikan pengetahuan serta informasi kepada seluruh perangakat desa, sehingga lebih mengerti dan paham dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pelayan masyarakat, serta mencari solusi dalam kendala permasalahan yang sudah terjadi di dua bulan kebelakang untuk kembali mewujudkan program ” ujarnya. Berikut poin-poin yang dibahas: - ODF harus segera di antisipasi  - Batas Desa Ciramahilir  - Jadwal Maulid Nabi Muhammad SAW - Kita Kompakan Kerja Bakti Hari Jum'at - Jaga Kebersihan Lingkungan kerja bakti ini bisa dijadikan intropeksi bersama dan memberikan semangat masyarakat untuk menumbuhkan kembali rasa cinta pada lingkungan sekitar. Jumsih kita akan melaksanakan di Tempat Pemakaman Umum TPU di Ke Dusun 1 dan 2, target TPU di kp.pasirbondol Sudah Rapih bersih

Aparatur Desa Ciramahilir dan Warga Kerja Bakti Membersihkan Tempat Pemakaman Umum

CIRAMAHILIR.CO.ID-Jumat ( 16/09/2022 ) Aparatur Desa Ciramahilir  bersama warga kerja bakti membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kp. Pasibondol RT 07 dan RT 08, Desa Ciramahilir Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta. Tujuan kerja bakti membersihkan Tempat Pemakaman Umum di Desa Ciramahilir, agar terlihat rapi dan bersih . Sedangkan sasaran kerja bakti yang dilakukan adalah, membersihkan semak-semak, rumput liar serta sampah di sekitar area pemakaman supaya terkesan bersih dan rapi, sehingga masyarakat yang melintas saat ke hutan tidak merasa takut karena gelapnya area pemakaman. "Selain memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan kerja bakti ini juga sebagai wahana memupuk tali silaturahmi sesama masyarakat,” Ujar Beti Sumiati Dewi Dusun 2. Ia menambahkan, kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat untuk peduli kebersihan lingkungan harus tetap dijaga, di samping kegiatan tersebut merupakan hal positif yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat gotong royong. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal.

Tempat Pembuangan Sampah Berserakan Di Selokan Disulap Jadi Bersih

CIRAMAHILIR.ID - Tak hanya warga, Sejumlah Aparatur Desa Ciramahilir  pun ikut membantu membersihkan Sampah . Satu unit Cator pengangkut sampah juga diturunkan. dengan menyulap Jalan Raya Pasirbondol Desa Ciramahilir yang awalnya penuh sampah menjadi bersih dan asri dilihat para pengguna jalan yang melintas di tempat tersebut. Bermodalkan semangat tinggi, mereka membersihkan sampah di sepanjang ruas jalan itu, pada Senin(12/09/2022). Di pimpin langsung Oleh Kaur Pemerintahan Desa Ciramahilir Bapak Rusman Cahyadi, dengan niat ikhlas menjadikan Desa tersebut bebas sampah,  bahu membahu memungut sampah, baik yang berada di Tempat Sampah maupun di aliran air yang mengakibatkan tersumbat jalannya air hingga berdampak Bau dan genangan saat hujan turun. Tidak ada rasa canggung maupun jijik terlihat di wajah saat membersihkan sampah di tempat tersebut, bahkan sampah yang berserakan dibersihkan oleh Warga dapat diselesaikan meski dengan peralatan manual dengan menggunakan Pacul dan singkup. "Kita komitmen saling bahu-membahu untuk perang terhadap sampah yang membuat citra Desa Ciramahilir buruk, dengan niat yang tulus, Insya Allah kerja membersihkan sampah dapat di selesaikan dengan baik," ujar Rusman Cahyadi.